BENAHI INFRASTRUKTUR DI KETAPANG

KETAPANG (8 Maret): Anggota Komisi V DPR RI Fraksi NasDem, Syarief Abdullah melakukan serangkaian kunjungan ke Kabupaten Ketapang untuk melihat langsung kondisi kab Ketapang terutama yang terkait dengan bidang infrastruktur serta transportasi dan perhubungan. Dalam kunjungan ini, Syarief Abdullah juga menjalin silaturahmi dengan Bupati Kab Ketapang, Martin Rantan. Didampingi oleh Setda dan Kepala Bapeda Kab Ketapang serta kepala-kepala berbagai SKPD Pemkab Ketapang, Martin Rantan melakukan diskusi dengan Syarief Abdullah di rumah dinas Bupati Ketapang.

Topik pembicaraan Bupati Ketapang dengan Syarief Abdullah khususnya banyak membicarakan kondisi berbagai infrastruktur seperti kondisi jalan raya, sarana prasarana transportasi dan perhubungan di Kab Ketapang yang diharapkan mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat dan para anggota DPR RI  khususnya dari daerah pemilihan kalimantan barat. Bandara Rahadi Oesman dinilai membutuhkan perluasan, pengembangan, serta pembangunan berbagai sarana bandara, bahkan akan lebih baik jika dilakukan relokasi. Hal ini perlu dilakukan mengingat sekarang ini semakin padatnya kegiatan dan jadwal-jadwal penerbangan di bandara rahadi oesman sehingga dengan kondisi bandara sekarang ini serta melihat sarana dan prasarana yg dimilikinya sudah tidak begitu mampu melayani aktifitas penerbangan yang ada. Dengan melihat padatnya pemukiman warga disekitar bandara sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pembebasan lahan untuk memperluas, membangun, atau mengembangkan atau menambah fasiltas bandara, sehingga pilihan relokasi merupakan pilihan yang paling baik, nampaknya kedepan dari waktu ke waktu akan terus terjadi peningkatan aktifitas penerbangan dibandara rahadi oesman.

 Begitu juga dengan keberadaan pelabuhan.di ketapang ini, diperlukan perbaikan, penambahan dan pembangunan sarana dan prasarana pelabuhan secara cepat karena keberadaan pelabuhan ini juga sangat dibutuhkan masyarakat ketapang termasuk para pebisnis dan pelaku usaha yang beroperasi di kabupaten ketapang, salah satu yang harus segera dilakukan adalah pengerukan pelabuhan karena saat ini kondisinya cukup dangkal dan sangat mengganggu aktifitas kapal-kapal dipelabuhan. Selain sarana dan prasarana transportasi seperti bandara dan pelabuhan, tidak kalah penting menjadi perhatian adalah infrastruktur jalan raya. Terbatasnya kemampuan pendanaan yang dimilki Pemerintah Kabupaten dalam memperbaiki jalan-jalan kabupaten yang mengami kerusakan, atau untuk memperbesar jalan-jalan kabupaten yang sudah ada tapi masih tergolong sempit, dan atau menambah pembuatan jalan-jalan baru kabupaten karena jumlah jalan yang ada belum mencukupi, maka dibutuhkan campur tangan pemerintah pusat dengan cara merubah status jalan-jalan kabupaten menjadi jalan-jalan nasional sehingga pemerintah pusat memiliki kewenangan dan kewajiban untuk mengelola jalan raya tersebut secara lebih baik dan lebih cepat, pemerintah pusat memiliki kemampuan yang jauh lebih besar dalam menyelesaikan lambatnya penanganan atau perbaikan kerusakan-kerusakan jalan raya yang selama ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Disisi lain, masyarakat, pelaku usaha, termasuk pemerintah daerah membutuhkan jalan-jalan yang dapat digunakan dengan baik dan tersedia dalam jumlah yang mencukupi sehingga aktifitas masyarakat dan aktifitas dunia usaha ataupun industri dapat berjalan dengan sebaik-baiknya sehingga berdampak positif kepada semuA pihak. Untuk di kabupaten ketapang ini beberapa ruas jalan kabupaten yang sebelumnya diusulkan mengalami perubahan status jalan, telah direspon dan disetujui oleh pemerintah pusat sehingga kemudian pengelolaannya dan perawatan jalan-jalan ini menjadi tangggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah pusat telah mulai melakukan langkah-langkah perbaikan, seperti salah satunya jalan ruas nanya dayap - sungai kelik.

Melalui kesempatan silaturahmi ini Pemkab Ketapang menyampaikan rasa terimakasihnya kepada.syarief abdullah yang turut memiliki peran besar sewaktu memperjuangkannya. Pemerintah pusat diharapkan kembali menyetujui usulan terbaru perubahan terhadap beberapa status jalan seperti Ketapang  Pesaguan- Kendawangan yang diusulkan oleh Pemkab Ketapang, jika kembali disetujui maka perawatan dan perbaikan jalan bisa segera dilakukan oleh pemerintah pusat sehingga masyarakat ketapang dapat segera merasakan hasilnya.

 Persoalan lain yang tidak kalah penting dihadapi Pemkab Ketapang adalah penyelesaian dan penataan pemukiman kumuh dikawasan perkotaan, Pemerintah Pusat diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan ini. Mendengar persoalan-persoalan yang dihadapi oleh kab ketapang ini, Syarief Abdullah berjanji akan berjuang semaksimal mungkin untuk membantu menyelesaikan permasalahan infrastruktur, sarana dan prasarana transportasi dan perhubungan dikabupaten ketapang karena mengingat perekonomian Kab Ketapang yang terus meningkat dan oleh pemerintah pusat telah ditetapkan menjadi salah satu kawasan strategis untuk industri, banyak investor yang telah masuk ke kab ketapang dengan mendirikan berbagai perusahaan dengan beragam, mulai dari bidang pertambangan, perkebunan, atau pertanian. Namun menurut Syarief Abdullah Pemkab Ketapang juga harus memiliki dan menunjukan komitmen yang baik, kuat serta bersedia bekerjasama  untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan  yang dihadapi kabupaten ketapang, salah satu contohnya adalah dengan menyediakan lahan-lahan yang di butuhkan untuk pembanguan infrastruktur seperti jalan raya serta, relokasi pelabuhan dan bandara.

Share this Post:

Related Posts:

Komentar