Tulus Bicara Pancasila

SEKRETARIS Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Syarief Abdullah Alkadrie, me­negaskan, ketika berbicara tentang Pan­casila, harus tulus dari hati nurani. Dia menambahkan, jangan berharap diakui sebagai figur pancasilais, namun semua hanya sekadar kedok.

“Bicara Pancasila sebagai pilar bangsa ini harus murni dan tulus dari hati nurani, jangan hanya dijadikan tameng semata," tukas Ketua DPW Partai Nasdem Kalim­antan Barat tersebut saat melantik kepengurusan DPD Partai Nasdem Kabupaten Sintang, belum lama ini di Gedung Pancasila Sin­tang.

Abdullah menyayangkan ada oknum-oknum pejabat maupun tokoh masyarakat yang berstatemen membi­carakan Pancasila, namun kenyataannya tak sejalan dengan tingkah lakunya. "Jangan bicara Pancasila hanya semata-mata mau dinilai pancasilais, namun beda dengan perilaku di lapangan. Harusnya apa yang dikeluarkan menjadi statemen seiring dengan isi hati dan diwujudkan di lapangan, bukan kepura- puraan," sindir salah satu kandidat kuat calon Guber­nur Kalbar tersebut.

 

Abdullah mengaku gerah dengan sikap-sikap sep­erti itu, yang menjadikan Pancasila sebagai alat un­tuk kepentingan kelompok maupun golongan. “Pan­casilais itu tidak memperbe- sar dan memperuncing maupun membenturkan suku, agama, ras, maupun mayoritas dengan minori­tas. Kaya dan miskin, pen­guasa dan rakyat, putera daerah atau pendatang, akan tetapi mempersatu­kan semua perbedaan dan keberagaman itu sebagai satu kesatuan yang menjadi kekayaan maupun kekuatan bangsa," tandasnya.

Kembali Abdullah meng­ingatkan semua elemen bangsa agar benar-benar melaksanakan empat pilar kebangsaan, dengan ke­sadaran yang tulus bukan dengan kepura-puraan.

"Selama ini masih ada anak bangsa berperilaku seperti itu. Ini tantangan kita sekarang untuk waspada terhadap pihak pihak seperti itu. Indonesia adalah negara yang cukup majemuk dan seharusnya kemajemukan itu sebagai kekuatan untuk menjadi suatu bangsa yang besar. Padahal selama ini Indonesia sudah menjadi contoh dari Negara-negara lain dengan keberagaman tapi bisa bersatu," pung- kasnya.

Adapun yang dikukuhkan sebagai ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Sin- tang yakni Heri Syamsudin, kemudian Tery Ibrahim selaku Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Sintang. Prosesi tersebut dihadiri Bu­pati Sintang Jarot Winarno, Wakil Bupati Sintang Aski- man, Ketua DPRD Kabupat­en Sintang Jefray Edward, serta jajaran Forkopimda di pemerintahan Kabupaten Sintang. (ote/PontianakPost)

Share this Post:

Komentar